About Us

Resourceful Parenting Indonesia (RPI) didirikan oleh Andyda Meliala pada tanggal 7 Maret 2011, bergerak di bidang parenting berdasarkan kecerdasan majemuk, perkembangan dan  plastisitas otak. RPI menyediakan informasi  dan pengetahuan untuk memberdayakan orang tua dan anak  Indonesia .

Visi

Setiap orang dewasa memiliki sumber pengetahuan untuk membesarkan dan mendidik anak.

Misi :

Membekali orang dewasa dengan berbagai sumber pengetahuan yang memadai untuk mendampingi pertumbuhan pikiran, jasmani, dan rohani anak secara terintegrasi.

Sasaran :

  • Semua orang dewasa di sekitar anak : orang tua biologis, calon orang tua, nenek/kakek, paman/bibi, anggota keluarga lainnya, pengasuh bayi dan anak, guru/pendidik, pelatih.
  • Anak-anak

Aktivitas RPI

o Fasilitator

  • Seminar, training dan workshop
  • Sertifikasi

o Penerbitan buku

  • Successful Parenting – 41 Tip Mencetak Anak Cerdas Berkarakter
  • Cara Cerdas Mengatasi Konflik dan Kenakalan Anak.
  • Aku Bisa Menulis – hasil tulisan murid-murid SD Swasta Masehi Sibolangit dengan kata pengantar dari alumnus SD itu sendiri, Prof.dr.KRT Lucas Meliala, Sp.S(K),Sp.Kj

o Media Cetak, Menulis artikel yang dimuat di beberapa media cetak seperti Harian Bernas Yogyakarta, tabloid Soramido Medan dan tabloid Maranatha.

o Media Sosial

Membagikan informasi parenting melalui internet kepada masyarakat luas dengan materiutama tips parenting, cerita anak dan aktivitas anak.

  • Blog
  • Website
  • Facebook
  • Twitter
  • Kompasiana

o Konsultasi Parenting, RPI memberikan pelayanan konsultasi parenting melalui telepon dan tatap muka serta tanya jawab melalui blog dan web.

o Perpustakaan

  • Percaya bahwa masyarakat yang haus membaca adalah masyarakat yang berilmu dan lebih maju, RPI membuka perpustakaan untuk mendekatkan buku kepada masyarakat, terutama anak-anak. Program ini didukung oleh Prof.dr.KRT Lucas Meliala, Sp.S(K),Sp.Kj dan banyak donatur lain dengan donasi berupa buku, bangunan perpustakaan dan rak buku. RPI telah mendukung pengadaan buku untuk lebih dari 40 perpustakaan.
  • Kerja sama dengan Books For Indonesia (BFI)

BFI adalah lembaga non profit yang berpusat di Chicago, Amerika Serikat yang membagikan buku kepada masyarakat Indonesia. RPI dan BFI bekerja sama dalam pengadaan dan penyaluran buku untuk beberapa perpustakaan dan komunitas membaca di Indonesia.

o Pelatihan guru-guru PAUD

  • RPI memberikan pelatihan untuk guru-guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Dalam pelatihan, diberikan materi yang berhubungan langsung dengan proses belajar mengajar di PAUD, juga materi parenting, motivasi dan pengembangan kecerdasan anak.
  • Sertifikasi Guru

o Kurikulum PAUD, RPI menyusun Kurikulum (Rencana Kegiatan Harian) untuk PAUD.Kurikulum disusun untuk usia 0-7 tahun berdasarkan kecerdasan majemuk dan berfokus pada kecerdasan emosional dan pengembangan karakter.

o Pendidikan Usia Dini, RPI membuka lembaga pendidikan dengan jenjang Tempat Penitipan Anak, Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-Kanak (TK)

o Mengundang guru untuk studi banding

o Lomba menulis

o Pelatihan menulis

o Pemberian beasiswa

 

Mengapa RPI berbeda?

RPI mempunyai keunggulan:

  1. Akumulasi pengalaman lebih dari 50 tahun dari para fasilitator di bidang parenting, pengajaran dan pengembangan kurikulum pendidikan usia dini di 4 negara (Indonesia, Philipina, Amerika, dan Australia).
  2. Menyediakan berbagai sumber pengetahuan untuk mendampingi pertumbuhan pikiran, jasmani, dan rohani anak secara terintegrasi dengan berbagai metode dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat melalui berbagai sarana. (media sosial, program parenting, seminar, training,  kurikulum usia dini, konsultasi, perpustakaan, penerbitan buku parenting).
  3. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk memenuhi kebutuhan parenting di Indonesia dan mencapai visi perusahaan.

 

Kultur Perusahaan

  1. Kerjasama, Mengutamakan tujuan bersama dan menjalin kerja sama yang saling menguntungkan dengan semua pihak.
  2. Tanggungjawab, Bertanggung jawab atas semua tindakan dan konsekuensi yang terjadi dari tindakan.
  1. Kepemimpinan, Mengambil insiatif, menetapkan tujuan dan membuat rencana untuk mencapai tujuan tersebut, serta membuat seluruh tim terkait dan mitra melaksanakannya dengan antusias.
  1. Integritas, Menjalankan sesuai dengan yang diucapkan.
  2. Fokus, Fokus pada tujuan RPI untuk mengutamakan kemajuan dan perkembangan mitra secara utuh dengan memberikan berbagai dukungan yang diperlukan.
  3. Pembelajar, Senantiasa haus ilmu, secara proaktif mencari sumber-sumber pembelajaran yang mendukung, dan mengevaluasi untuk memperbaiki diri.
  1. Inovatif, Menggunakan cara-cara baru dalam mengembangkan dan menyampaikan materi pembelajaran dapat melibatkan mitra secara aktif dalam proses belajar.

 

Mitra kerja RPI :

  1. Relawan dan donatur dari berbagai daerah di Indonesia
  2. Fasilitator
  3. Tim PAUD GBKP
  4. Jilena Forum Melias (JFM)
  5. Peduli Konseling
  6. Books For Indonesia (BFI)
  7. Penerbit ANDI
  8. ActionCoach
  9. United Nations Office for the Coordination of Humanitarian Affairs  (UN-OCHA)
  10. Harian Bernas Tabloid Maranatha dan Tabloid Sora Mido
  11. Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)
  12. United Nations Children’s Fund (UNICEF)
  13. Pemerintah Daerah
  14. United States Agency for International Development (USAID)
  15. Asian Development Bank (ADB)
  16. Majelis Pendidikan Kristen (MPK)
  17. Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI)
  18. Ikatan Peminat, Praktisi, dan Ahli Parenting Indonesia (IPPAPI)
  19. Reach Out Foundation (ROF)
  20. World Vision Indonesia (WVI)
  21. Indonesia Berbakti
  22. Jaringan Pelayanan Anak (JPA)
  23. Yayasan Bunga Merpati
  24. PT. Astra International Tbk
  25. Coachnesia
  26. DAAI TV
  27. Majalah Mom Dad & I
  28. Kompas Vemale
  29. Bening Lara
  30. Cinta Baca Cinta Lingkungan (CBCL)
  31. Cara Baik Indonesia (CBI)

 

Target

Menjangkau secara luas, mudah diakses dan dapat melibatkan setiap orang dewasa Indonesia yang berkewajiban mendampingi pertumbuhan anak

Kontak :

  1. Email            : resourcefulparenting@gmail.com
  2. Website        : www.resourceful-parenting.com
  3. Blogspot,      : www.resourceful-parenting.blogspot.com
  4. Facebook      : Resourceful Parenting
  5. Twitter          : @parentingpintar
  6. Alamat          : Ruko Bintaro Persada Blok 3B, No. 66, Jl. RC. Veteran, Bintaro, Jakarta Selatan.
  7. HP : Theia 0811.980.8356 untuk perorangan/perusahaan/bank

Emily  0878.3367.8880 untuk kantor/instansi

Layanan Kami

Resourceful Parenting Indonesia (RPI) didirikan oleh Andyda Meliala pada tanggal 7 Maret 2011, bergerak di bidang parenting berdasarkan kecerdasan majemuk, perkembangan dan plastisitas otak. RPI menyediakan informasi  dan pengetahuan untuk memberdayakan orang tua dan anak  Indonesia.

Adapun layanan yang kami sediakan antara lain:

  1. Program Parenting
  2. Sertifikasi Fasilitator Program Parenting
  3. Sertifikasi guru Pendidikan Usia Dini
  4. Training
  5. Seminar/workshop
  6. Coaching dan Sertifikasi Coach Parenting
  7. Tempat Penitipan Anak (TPA), Kelompok Bermain (KB), Taman Kanak-Kanak (TK)
  8. Konsultasi
  9. Buku

 

Anda berminat? Atau ingin mendapatkan informasi lebih lanjut?

Silakan hubungi  :

UNDANGAN NARASUMBER

Parenting program RPI adalah sebuah program yang dipersembahkan untuk para orang tua di seluruh Indonesia. RPI memberikan layanan untuk perusahaan/instansi/bank, sekolah, dan perorangan dalam bentuk kelompok :

  1. Seminar

    2. Pelatihan

    3. Konsultasi

    4. Grup Konselor

 

Parenting Program RPI dibentuk untuk melayani kebutuhan orang tua yang menghadapi masalah parenting/pengasuhan anak dan tidak mendapatkan cukup informasi tentang dimana mendapatkan bantuan pemecahan masalah.

Mengikuti pelatihan bersama rekan kerja, orang-orang di lingkungan Anda sendiri akan memberikan suasana lebih nyaman dan jadwal Anda tentukan menurut waktu luang Anda.

Bagi rekan-rekan yang ingin mengundang fasilitator RPI sebagai narasumber  silakan hubungi :

In House Training

Resourceful Parenting Indonesia menyediakan layanan inhouse training untuk topik-topik:

  1. Emotional Intelligence for Kids
  2. Emotional Intelligence for Parents
  3. Mendidik Anak dengan Metoda Plastisitas Anak
  4. Rahasia Mengatasi Prestasi Rendah
  5. Menyegarkan Hubungan Rumah Tangga
  6. dan topik lainnya seputar parenting

 

Bagi yang membutuhkan layanan ini dapat menghubungi Resourceful Parenting Indonesia melalui :

Untuk undangan inhouse training di luar Jakarta, kami mengharapkan undangan diajukan paling lambat 1 bulan sebelum hari yang ditentukan.

Mengenal Dr Andyda Meliala

Andyda Meliala - tolong di crop

Dokter Andyda Meliala, seorang perempuan cerdas yang terlahir dari keluarga yang berprofesi sebagai dokter. Beliau mulai tertarik pada bidang parenting berawal saat mengambil gelar PhD di Melbourne. Sebelumnya sempat ragu ketika memutuskan untuk menjadi full-time mommy bagi kedua putranya (Timothy K. Ginting dan Jeremy K. Ginting). Andyda kemudian yakin dengan keputusannya dan menemukan panggilan hidupnya setelah mendalami berbagai literatur penting terkait dengan perkembangan anak, plastisitas otak dan kecerdasan majemuk.

Dokter Andyda secara konsisten menerapkan teori plastisitas otak, kecerdasan majemuk dan ilmu parenting terkini didalam mendukung perkembangan kedua anaknya. Dia juga mengembangkan metode sederhana untuk melatih berbagai kecerdasan dengan penuh keriangan dan kasih sayang. Menjalani perannya sebagai istri dari seorang suami yang berkarir di lembaga internasional, mengharuskan beliau untuk menerima kenyataan bahwa keluarganya akan sering berpindah-pindah dari satu negara ke negara lain. Andyda harus menyiapkan strategi tersendiri agar Timothy dan Jeremy mudah beradaptasi dan tetap bertumbuh secara utuh di berbagai lingkungan yang berbeda. Untuk memperdalam pengetahuannnya didalam ilmu parenting, Dokter Andyda juga rajin berbagi pengalaman dengan teman-teman sesama orang tua yang datang dari negara dan kultur yang berbeda dan aktif mengikuti program parenting di sekolah anak-anak di beberapa negara.

Bukan hanya sekedar percaya terhadap teori 10000 jam (the rule of 10000 hours) dalam membangun prestasi anak, beliau sudah mempraktekkannya kepada Timothy dan Jeremy. Hasilnya, Timothy telah tumbuh menjadi pianis yang berprestasi di tingkat internasional dan berkesempatan untuk tampil resital di Carnegie Hall, di New York. Timothy juga sangat berprestasi secara akademis. Di tahun 2014, Timothy menjadi satu-satunya anak Indonesia yang diterima di University of Pennsylvania (salah satu dari sepuluh universitas terbaik di Amerika Serikat). Jeremy juga menunjukkan multi-prestasi, mempunyai kecerdasan akademis yang membanggakan, selalu haus membaca, dan pesepakbola berbakat yang mewakili sekolahnya di Coca Cola League. Dia juga juga sudah pernah tampil untuk resital piano di Carnegie Hall, New York.

Dokter Andyda mempunyai misi untuk berbagi pengalaman dengan orangtua lain dan membangun bangsa melalui edukasi parenting. Pada tahun 2011, Andyda mendirikan Resourceful Parenting Indonesia (RPI) dengan visi agar setiap orang dewasa memiliki sumber pengetahuan yang teruji untuk membesarkan dan mendidik anak. Dokter Andyda aktif menulis artikel mengenai perkembangan anak dan sudah menerbitkan 3 buku parenting. Dia juga sering menjadi narasumber untuk seminar dan pelatihan parenting di Amerika Serikat, Filipina dan Indonesia. Melalui RPI, Dokter Andyda juga menjadi konsultan ahli di BKKBN dan UNICEF, serta menjadi partner APSAI.

TTS MATEMATIKA

111qq

 

Pertanyaan:
Mendatar:                                            Menurun:
1. 1, 3, 5, 7, 9,…,13, 15                                  2. 3 lusin
3. 3 + 2 + 5 + 1                                                3. Jumlah hari dalam 2 minggu
4. Setengahnya 128                                      5.  Bila dibagi 7, hasilnya 7 juga
6. Seperempatnya 96                                  6. Jumlah hari di bulan Februari 2012
7. Budi membeli 100 ekor                         8. Jumlah jam dalam setengah hari
anak ayam, esoknya 9 ekor                       9. 1 mendatar dikalikan 3
mati. Berapa yang tersisa?                       10. 100 dikurangi 3 menurun
9. Amir membeli 40 buah layang-
layang. Setiba di rumah
ternyata 3 buah patah
rangkanya dan 4 buah robek.
Berapa layang-layang yang
bagus?
10. 3 x 3 x 3 x 3 x 3